Rabu, 30 Mei 2012

LPJ PASKAH 2012


 
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PANITIA PASKAH BERSAMA  KOMAPO  KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG SE-JAWA BALI & SULAWESI 2012
                      Sekertariat:  JL. Jembatan Merah I No 95 RT 04/RW 37 Prayan Kulon,Soro Padan Cc.Depok Sleman Yogyakarta

  

 I  Pendahuluan
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus sebagai penyelenggara kehidupan ini karena atas berkat dan kuasa-Nya  dapat menyelenggarakan paskah Komapo  Se-Jawa Bali dan Sulawesi tahun 2012 dengan baik.
Paskah adalah suatu momen untuk mengenang kebangkitan Tuhan Yesus yang telah mati dan berkorban untuk menebus dosa umat manusia di kayu salib. Paskah tidak hanya diselenggarakan sebagai sutau kebiasaan tahunan (rutinitas) semata tetapi sebagai peristiwa untuk lebih menyadari apa arti pengorbanan Yesusu Kristus di Kayu salib. Selain itu, yang lebih penting lagi setiap manusia menyadari bahwa keselamatan adalah anugrah sehingga kita berhak untuk membagikan kabar keselamatan itu kepada sesama yang belum menerimanya secara utuh.
Situasi  saat ini  menuntut suatu keseriusan akhlak, keteguhan iman, moral, mental dan nilai-nilai ke-Kristenan untuk dapat dikontekstualisasikan terhadap keanekaragaman hidup terkini. Karena modernisasi dalam perkembangan zaman saat ini semakin mengaburkan nilai-nilai moral dan iman yang kita miliki. Ke-imanan yang rapuh telah membuktikan semua fenomena dan kecenderungan yang terjadi dalam dunia pergaulan pemuda saat ini yang terlalu bebas dan akhirnya kebablasan, tanpa lagi melihat norma-norma (etika) sosial dan ke-Kristenan.
Oleh karena perilaku dan kesalahan manusia itu, Allah telah menunjukkan kasih-Nya dengan mengorbankan anak-Nya untuk menebus dosa setiap manusia. Kita, sebagai umat Allah  sekaligus sebagai pribadi yang telah menerima dan mengenal  kasih Allah yang begitu besar melalui wadah-wadah pembinaan yang ada di setiap komunitas. Komunitas mahasiswa dan pelajar Aplim Apom Kabupaten Pegunungan Bintang  berkewajiban  mengasihi, melayani, dan membagikan kasih Allah tersebut  kepada sesama. Sebagai ungkapan syukur dan wujud nyata kasih Allah dalam kehidupan komunitas maupun sesama. Untuk itu, komunitas ini telah merayakan pasakah bersama untuk merefleksikan sengsaran Tuhan Yesus dan keslahan-kesalahn yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Seccara umuam tujuan utama merayakan paskah KOMAPO tahun ini diharapkan setiap mahasiswa dan pelajar Komapo dapat menemukan kembali makna Paskah yang sesungguhnya, membangun kebersamaan, persaudaraan serta kekompakan antar mahasiswa dan atau pelajar, memperbaharui diri menjadi generasi muda yang kelak mampu membawa suatu perubahan bagi masyarakat. Selain itu, tujuan penyelengaraan paskah agar orang muda pegunungan Bintang kembali merefleksikan diri (menyadari posisinya) di tengah-tengah situasi saat ini. Penderitaan yang dialami Yesus untuk menebus dosa manusia sunguh tidak terbalaskan. Sudah sepatutnya setiap manusia membalas semua pengorbanan Tuhan dengan memuliakan namanya serta  mengikuti dan meresapi ajaran-Nya.
Untuk menyelenggarakan paskah tersebut panitia telah melakukan melakukan berbagai upaya termasuk melibatkan beberapa lembaga. Oleh karena itu, pada kesmepatan ini panita pelaksana menyampaikan laporan pertanggunjwaban. Kami sangat bangga atas  kepercayaan yang diberikan. Karena melaui melalui momen ini kami memahami banyak hal terutama terselengaranya kegiatan Paskah sesuai dengan harapan meskipun sebagaian target tidak tercapai secara maksimal. Seluruh rangakaian kegiatan paskah yang direncana telah berjalan sesuai dengan harapan. Namun  panitia menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan terutama selama proses persiapan. Seluruh kelemahan atau kekurang yang dihadapi panita tidak dapat mengungkapkan di dalam laporan pertangungjawaban ini, tetapi panitia bersama para pembina komunitas ini untuk dilakukan evalusasi secara internal. Dilihat dari tingkat kesalahan atau kendala-kendala  yang dihadapi panitia paskah lebih banyak mengenai kelasahan teknis dan ketidakdisiplinan anggota panitia dalam menjalankan fungsi masing-masing oleh karena itu Evaluasi internal tepat untuk dilakukan.
Pada kesempatan ini Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Perayaan Paskah Komapo Se-Jawa Bali dan Sulawesi. Dukungan moril dan dana yang telah diterima panitia tidak dapat dibalas dengan suatu ungkapan apapun. Akan tetapi biarlah berkat yang telah terkumpul pada panitia itu menjadi persembahan bagi-Nya. Semoga Allah sumber segala berkat dan suka cita dapat menambahkan semua itu kepada pihak-pihak yang telah berkenan membantu dan berpartisipasi secara langsung maupun tidak langsung  dalam pelaksanaan paskah tersebut.
Laporan Pertanggungjawaban ini akan kami sampaikan dalam sistematika pembahasan sebagai berikut:
                     I.            Pendahuluan
                  II.            Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
               III.            Laporan Keuangan
               IV.            Penutup

II Gambaran Umum pelaksanaan kegiatan Paskah Komapo tahun 2012
Diskusi menjadi kegiatan pokok dalam komunitas ini. Kegiatan diskusi menjadi hal bias bagi dalam komunitas ini  guna membangun sejumlah strategi  untuk bagaimana mengendalikan serta mengarahkan  organisasi ini agar seluruh anggota yang berkecimpung di dalam komunitas ini berkembang bersama menjadi pribadi yang berkarakter dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan. Ha-hal yang diperjuangkan di dalam komunitas ini adalah saling membantu dan bahu membahu membangun keperibadian antara sesama  dengan harapan mempu membentuk diri menjadi tenaga yang siap terpakai oleh masyrakat. Perayaaan paskah Komapo tahun 2012 merupakan Salah satu Wujud dari diskusi anggota komapo tersebut. Pemikiran dasar perayaan paskah komapo tahun 2012 adalah  dengan momen pasakah Mahasiswa dan pelajar Pegunungan Bintang diharapkan mampu bangkit dari keterbelakangan dan menjadi terang dan garam dunia bagi sesama. Harapan tersebut dapat dirumuskan dalam tema  paskah: “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemulian Tuhan terbit atasmu (Yesaya 60:1)  dengan sub tema: melalui sengsara, wafat dan kebangkitan yesus kristus orang muda pegunungan bintang bangkit dari keterbelakangan dan menjadi terang dan  garam dunia bagi sesama.
Kematian dan Kebangkitan tersebutlah  telah dan kembali dihayati oleh  anggota Komapo selama perayaan paskah berlangsung untuk dapat mengenali dirinya, sesamanya serta seluruh permasalahan yang terjadi disekitarnya terutama masalah-masalah aktual yang terjadi di papua pada umunya dan Pegunungan Bintang khususnya. Untuk itu,Perayaan paskah ini diharapkan dapat menjadi salah satu momen permenungan dan refleksi iman bagi mahasiswa dan pelajar untuk dapat mendewasakan serta memperteguh iman dalam dirinya.
Waktu dan Bentuk Kegiatan

1.      Waktu
Perayaan Paskah Komapo dilaksanakan pada tanggal 6-7 April  2012  bertempat di Susteran Santi Dharma Godean  .
2.      Jenis-jenis Kegiatan
Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan pada saat Perayaan Paskah Komapo adalah sebagai berikut :

a.       Ibadah
Dalam memperingati perayaan pasakah di bagai dalam dua  bagian. Ibadah pertama ibadah perayaan Jumat Agung. Firman yang dismapaiakan diambil dari Yesaya 60:1. Ibadah  pertama dipimpin oleh Bapak Pendeta Yopi. Dalam renungan peserta Paskah diajak untuk merenungkan bersama Makna kematianYesus di Kayu Salib dengan masalah-masalah aktual yang terjadi di papua saat ini.  Dalam renungannya, pendeta mengajak peserta  melihat masalah-masalah yang terjadi di tengah masyrakat. Permasalahan yang diangakat yakni, pergaulan bebas, penyebaran Penyakit menular IMS, HIV/AIDS, dan Aborsi serta terkikisnya kesatuan dan kekuatan bagi masyrakat Papua. Berapa masalah tersebut  terjadi karena semakin dangkalnya  iman dan belum menerima Yesus ecara utuh di dalam hati masing-masing orang. Untuk itu, melalui khotbanya, Bapak pendeta memberikan pesan bahwa seluruh orang muda Pegunungan Bintang harus bangkit dari kematian dengan syarat menerima Kristus secara utuh dalam hatinya.

Ibadah pentup. Seluruh rankaian kegiatan paskah Komapo ditutup dengan ibadah. Ibadah ini dipimpin oleh Bapak Pendeta. Dalam  renungannya peserta diajak untuk merenungkan kebangkitan Kristus. Kebangkitan kristus sebagai memberikan cahya bagi setiap individu untuk menerima Yesus sebagai Kristus. Selain itu, dengan kebangkitan Yesus memberikan makna bagi setiap peserta sehingga menjadi terang bagi sesama. 

b.      Perkenalan. Pada sesi perkenalan. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri mulai dari nama lengkap, asal distrik, asal perguruan tinggi serta semester atau kelas bagi peserta pelajar. Tujuan perkenalan untuk saling mengenal lebih dekat antar  anggota  korwil masing-masing. Sesi perkenalan tersebut dipimpin langsung oleh seksi acara.

c.       Menonton bersama dan merenungkan Film The Passion Of Christ. Salah satu kegiatan inti dari perayaan paskah adalah merenungkan sengsara Tuhan Yesus. Tujuan utama dari nonton bersama adalah menyaksikan bersama proses penyaliban Tuhan Yesus Kristus di kayu salib. Kemudian peserta diajak untuk merefleksikan kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya sejak masa anak-anak samapai saat meryakan pasakah tahun 2012. Menonton dan merenungan kisah sengsara Yesus dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana panitia
d.      Ceramah dan Diskusi: Pengenalan perkembangan Informasi dan teknologi dalam membentuk sikap mental dan sptritual. Salah satu topik yang didiskusikan dalam perayaan paskah adalah mengenai perkembangan tenkonlogi informasi dan damapknya terhadap proses pembentukan mental dan spiritual bagai  masyrakat pegunungan Bintang secara keseluruhan. Cermah ini disampaikan oleh Sdr Melkior N.Sitokdana. selama cermah peserta diperkenalkan beberapa program internet yang mengoperasikan komupter  yang terletak di lokasi berbeda. Salah satu program yang dipresentasikan adalah Team Viewer . kemudian dampak positif dan negative dalam  kehidupan sehari-hari. Peserta diajak untuk mengkritisi penggunaan serta dampak baik positif maupun negative bagai masyarakat, pelajar. Mahasiswa, pemuda dan pejabat pemerintah dari Pegunungan Bintang.
e.       Mempelajari isi Kitab suci bersama melaui Tanya jawab .
Tindak lanjut dari kegiatan nonton bersama. Peserta diajak untuk mengingat kembali pesan-pesan yang disamapaikan melaui film The Passion Of Christ dalam bentuk permainan.  Permainan ini dibautkan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan langsung dengan sengsara Tuhan Yesus. Seluruh peserta ikut terlibat di dalam permainan ini. Cara dengan membagikan peserta di dalam lima kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari lima peserta. Panitia sangat berhasil  kegiatan ini karena semangat dari para peserta dapat secara total dipertunjukan pada saat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penanggung jawab kegiatan tersebut.  
Bentuk dan agenda kegiatan perayaan paskah secara lengkap dapat di baca pada lampiran II

III. Laporan Keuangan Paskah Komapo tahun 2012
1.      Pemasukan
NO
KETERNGAN/SUMBER PENERIMAAN
JUMLAH  Rp
1
Seksi usaha Dana
950,000.00
2
Sumbangan wajib
465,000.00
3
FKIP (proposal)
9,000,000.00
4
Binterbusih (proposal)
1,000,000.00



Total
Rp11,415,000.00

2.      Pengeluaran
a.      administrasi panitia/kesekertaritan
NO
JENIS PENGELURAN
Jumlah (Rp)
1
Print proposal & jilid
                                27,800.00

Print surat undangan dan ampelop + plakban
                                34,100.00
3
Kertas A4 1 rim
                                28,000.00
4
 50 lembar hvs A4
                                  1,200.00
5
Buku kwitansi  1 buah
                                  3,000.00
6
1 buku folio bergaris
                                12,000.00
7
Manila putih
                                  3,300.00
8
Tinta print warna
                              180,000.00
9
Isi ulang tinta hitam
                                20,000.00
10
 Gunting 2 buah
                                14,000.00
11
Sertifikat

Total
Rp1,073,400.00

b.      Konsumi dan penyewaan tempat
NO
JENIS PENGELURAN
Jumlah  (Rp)
1
Konsumsi (makan 3 kali & snack 2 kali)
                           1,512,000.00
2
Penyewaan tempat
                           1,890,000.00
Total
                         Rp3,402,000.00

c.       Transportasi
NO
JENIS PENGELURAN
HARGA 2(Rp)
1
6 liter bensin
                                30,000.00
2
Rental motor  2 1/2 stengah hari
                                75,000.00
3
Sewa 2 bis PP Mrican-Godean
                              750,000.00
4
                           1,500,000.00
Total
                         Rp2,355,000.00

d.      Dekorasi & perlengkapan
NO
JENIS PENGELURAN
Jumlah  (Rp)
1
22 plastik  Id Card /@500
11.000
2
22 tali  Id card /@1500
33.000
3
Spanduk  2 m
124.000



Total
Rp168.000

e.       Kerohanian
NO
JENIS PENGELURAN
Jumlah  (Rp)
1
1 pak lilin kecil dan 1 lilin besar
23.200
2
Jasa pelayanan 2 pendeta
500.000
3
Hadia  permainan ayat-ayat Kitab Suci
200.000
Total
Rp723.200

Total biaya
NO
KETERANGAN BIAYA
JUMLAH (Rp)
1
 Administrasi & kesekertariatan
Rp 1,073,400.00
2
Konsumsi & penyewaan tempat
 3.402.000
3
transportasi
2.355.000
4
Dekorasi & perlengakapan
168.000
5
Kerohanian
723.200

Total Pengeluaran
Rp 7.713.600


3.      Saldo
Total pemasukan                                 :Rp11.415.000
Total pengeluaran                                :  7.713.600 -
Saldo sebelum LPJ                              : 3.701.400
Biaya LPJ & pembubaran panitia       : 3.201.400 (-)
Saldo ahkir                                          : Rp500.000,00 *
*Dimasukkan ke FKIP USD
IV Penutup
Demikianlah laporan pertangungjawaban ini kami sampaikan dengan sebenar- benarnya. Kami menyadari bahwa dalam penyampaian  laporan ini masih banyak kekurangan dan hal-halyang belum terangkum secara menyeluruh. Oleh karena itu, kami juga sangat mengharapkan masukan dan tanggapan dari saudara/I sekalian, guna pengevaluasian dan penyempurnaan laporan Pertanggungjawaban ini menjadi lebih baik lagi. Dengan harapan, paskah Komapo tahun-tahun mendatang mampu  mengatasi semua kekurangan yang ada, dan dapat lebih mengembangkan apa yang sudah baik saat ini. Akhir kata, biarlah apa yang baik, apa yang berguna dan positif dari semuanya yang kita lakukan selama merayakan paskah KOMAPO tahun 2012 ini  dapat berkenan dan menjadi kemuliaan bagi-Nya.


L
A
M
P
I
R
A
N

LAMPIRAN I
SUSUNAN PANITIA PASKAH KOMAPO TAHUN 2012
KETUA PANITIA                                         : KEPANA M. ALMUNG
WAKIL KETUA                                            : USKI W. BIDANA
SEKERTARIS I                                             :  MARTINUS KALAKMABIN
SEKERTARI II                                              : BEATA KUKENUM
BENDAHARA                                              : ANIKE HIPYAN
KOORDINATOR SEKSI:
SIE ACARA                                                  : ANSELINA UROPMABIN
SIE KONSUMSI                                           : NIKO TAPYO
SIE PERLENGKAPAN                                : DERIUS TEPMUL
SIE KEROHANIAN                                     : OBETH LEPITALEN
SIE DOKUMENTASI & DEKORASI          : TIM MAJALAH KOMAPO NEWS
SIE  USAHA DANA                                     : WILIBORDUS ALWOLKA
SIE TRANSPORTASI                                   : TENIUS TRUKNA
                                                           
LAMPIRAN II
JADWAL KEGIATAN
No
Hari/Tanggal
Waktu
Jenis kegiatan
Penanggungjawab
moderator
1.
Jumat  6 April 2012
Pukul 14.00 -15.00
Kumpul di realino
Sie Keamanan



Pukul 15.00-16.00
Berangkat dari realino
Sie Transportasi



Pukul 16.00 -16.30
Regisrtasi & Pembagian tempat
Panitia



Pukul 16.30-17.00
MCK
Sie Keamanan



Pukul 17.00 -17.30
Snek  & Makan
konsumsi



Pukul 17.30-18.00
Doa pembukaan & Perkenalan
Sie acara & Kerohanian



Pukul 18.00-18.30
Sambutan2 (Sekjend KOMAPO, ketua korwil, Senioritas, ketua panitia) dan pembukaan Paskah oleh ketua paniti
Sie acara



Pukul 18.30 -19.00
NOBAR Filem
Sie Rohani



Pukul 19.00 -20.00
Ibadah Paskah
Pdt Yopy



Pukul 20.00 -20.30
Makan Malam
Sie Konsumsi



Pukul 20.30-21.00
Perkenalan
Panitia



Pukul 21.00-22.00

Melkior & ketu IMPETANG
Ramces N


Pukul 22.00-23.00





Pukul 23.00-24.30
Refleksi makna paskah &Doa malam
Kakak Kris Hiktaop & Sie Kerohanian



Pukul 24.00-05.00
istrahat
Paniti

2.
Sabtu 7 April 2012
Pukul 05.30- 07.00
Olah raga &MCK
Panitia



07.00  - 08.00
Makan Pagi
Konsumsi



Pukul  08.00 -08.45
Ibadah
Pdt Petrus



Pukul 09.00 – 10.00
Materi
Melkior N. Sitokdana



Pukul 10.00 -12.00
Game -game
Panitia



Pukul 12.00 -12.30
Laporan ketua panitia &
penutupan oleh Ketua
Panitia



Pukul 12.30 -14.00
 Sayonara
Paniti


LAMPIRAN  III
DAFTAR KONTRIBUSI PESERTA
NO
NAMA ANGGOTA
JUMLAH (Rp)
1
Gerardus Bidana, S.Pd
 100,000.00
2
Gutinus Wasini
   50,000.00
3
Obeth Lepitalen
   70,000.00
4
Beata Itul
   70,000.00
5
Pieter Tapyor
   70,000.00
6
Uski Bidana
   35,000.00
7
Alfred R. Onong
   70,000.00
Total
Rp465,000.00


LAMPIRAN IV
KEGIATAN BAZAR
No
keterangan
Jumlah  (RP)
1
Daging babi 3kg @
Rp 45.000
2
bumbu
19.000
3
Kayu bakar
4.000
4
Sayur-sayuran
2.500
5
Ubi jalar 24 kg@ Rp3000
72.000
6
Arang
2.500
7
1 anglo
8.000
8
1 liter minyak tanah
10.000
9
4 buah pisau@
6.000
10
100 buah pebungkus nasi
22.000
11
 4 pak plastik
6.000
12
2 pak plastik
2.000
Total pengeluaran
Rp 530.600

LAMPIRAN V
LAMPIRAN JAWABAN PROPOSAL
No
Tempat Tujuan Proposal
Penanggungjawab
Jumlah
1
FKIP
Uski Bidana
Rp 9.000.000
2
Yayasan Binterbusih
Uski Bidana
1.000.000
Total
Rp.10.000.000

eh karena itu Evaluasi internal tepat untuk dilakukan.

Tidak ada komentar: